DETIK.COM — Produsen mobil asal China, Chery berhasil mencetak peningkatan penjualan di Indonesia sepanjang September 2025. Angkanya bahkan di atas BYD. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Chery mencatat penjualan sebanyak 2.105 unit. Angka ini lebih tinggi dibanding bulan Agustus 2025 (1.179 unit) dan bulan Juli 2025 (1.539 unit).
Chery juga menempati posisi kedelapan mobil terlaris nasional pada bulan September 2025, sekaligus menjadi mobil listrik terlaris di bulan yang sama. Sementara BYD, yang biasanya menembus 10 besar, harus turun setelah penjualannya turun 57,5 persen, hanya 1.088 unit, dari sebelumnya 2.562 unit pada Agustus.
Secara kumulatif, penjualan Chery dari bulan Januari hingga bulan September 2025 mencapai 15.160 unit, menempati urutan kedua setelah BYD yang masih memimpin dengan total 20.077 unit. Di posisi berikutnya ada Wuling (12.264 unit), Denza (6.775 unit), dan AION (4.405 unit).
Menariknya, penopang utama penjualan Chery bukan berasal dari mobil listrik murni, melainkan dari teknologi hybrid pada model Tiggo Cross. Model ini menjadi kontributor terbesar dalam total penjualan perusahaan. Head of Brand & Marketing Chery Sales Indonesia Rifkie Setiawan memperkirakan varian Tiggo Cross berkontribusi 50 persen untuk seluruh penjualan produk Chery, dan varian CSH berkontribusi sekitar 80 persen.
Saat ini lini produk Chery di Indonesia didominasi segmen SUV, mulai dari Tiggo Series, Omoda Series, hingga mobil listrik J6. Tahun depan, Chery berencana memperbesar target penjualan hingga 3.000 unit per bulan dengan menambah portofolio produk baru. Rifkie menjelaskan rata-rata penjualan Chery mencapai 1.800 unit per bulan di tahun 2024, dan di tahun 2025 sudah berkisar di sekitar 2.000 unit per bulan. Ia mengungkapkan target penjualan akan ditingkatkan menjadi 3.000 unit per bulan untuk tahun 2026.
Kenaikan penjualan Chery di tengah persaingan ketat menandakan meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap merek ini. Strategi memperkuat jaringan purnajual (aftersales), serta menghadirkan produk dengan efisiensi bahan bakar dan teknologi hybrid menjadi faktor penting tumbuhnya Chery di pasar otomotif Indonesia. (*)









